Tinggal 4 Negara Tersisa di Olimpiade Tokyo 2020 Cabor Sepakbola

Memasuki berita olahraga. Saat ini, cabang olahraga sepakbola Olimpiade Tokyo 2020 sudah memasuki babak semi-final dan hanya menyisakan 4 negara.

Sepak bola Olimpiade Tokyo sudah memasuki pengujung turnamen dengan menyisakan laga semifinal, perebutan perunggu, dan final di pekan ini.

Di babak semifinal, Meksiko akan menghadapi Brasil sedangkan Jepang bakal berduel lawan Spanyol. Laga semifinal akan berlangsung pada Selasa (3/8).

Berikut profil empat negara yang bertahan di semifinal sepak bola Olimpiade Tokyo:

Meksiko membuktikan mereka punya tim kompetitif di Olimpiade Tokyo 2020 dan punya peluang mengulang sukses di Olimpiade London 2012. Pada Olimpiade London 2012, Meksiko berhasil keluar sebagai juara di akhir turnamen.

Di Olimpiade Tokyo, Meksiko bisa menyisihkan Prancis pada babak penyisihan meski harus puas jadi runner up grup di bawah tuan rumah Jepang.

Penampilan Meksiko makin meyakinkan di babak perempat final. Bertemu Korea Selatan, Meksiko mampu mengakhiri pertandingan hujan gol tersebut dengan skor 6-3.

Sebastian Cordova dan Henry Martin bakal jadi andalan Meksiko untuk tampil menggigit di laga semifinal.

Brasil adalah salah satu tim dengan ambisi kuat mempertahankan medali emas sepak bola Olimpiade. Ambisi tersebut jelas terlihat dari kehadiran sejumlah pemain bintang macam Richarlison dan Dani Alves.

Brasil lolos dari babak penyisihan dengan menyandang status sebagai juara grup. Richarlison saat ini jadi mesin gol terbaik dengan torehan lima gol sepanjang Olimpiade Tokyo berlangsung.

Meski demikian, Brasil wajib waspada. Mereka sempat kesulitan di babak perempat final dan hanya menang tipis 1-0 atas Mesir.

Sebagai tuan rumah, Jepang menunjukkan penampilan memuaskan di cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo.

Jepang bisa melewati babak penyisihan dengan torehan tiga kemenangan atas Prancis, Meksiko, dan Afrika Seatan. Namun Jepang kemudian menghadapi kesulitan di babak perempat final dalam duel lawan Selandia Baru.

Jepang butuh duel adu penalti sebelum akhirnya memastikan lolos dengan skor 4-2 dan lolos ke babak semifinal. Takefusa Kubo jadi salah satu pemain yang mencolok dalam penampilan Jepang di Olimpiade kali ini.

Spanyol di atas kertas adalah salah satu favorit kuat untuk juara Olimpiade Tokyo. Hal itu tak terlepas dari fakta bahwa Spanyol diisi pemain-pemain yang tampil gemilang di Euro 2020.

Unai Simon, Pau Torres, Mikel Oyarzabal, Pedri, Dani Olmo, hingga Marco Asensio ada dalam tim Spanyol di Olimpiade Tokyo kali ini. Materi tim penuh pemain berkualitas itu membuat Spanyol masih mampu bertahan di babak semifinal Olimpiade Tokyo.

Namun perjalanan Spanyol terbilang kurang meyakinkan untuk bisa mencapai babak semifinal. Di babak penyisihan, Spanyol hanya mampu satu kali menang dan dua kali imbang untuk bisa jadi juara grup.

Di babak perempat final, Spanyol juga butuh kerja keras dalam laga lawan Pantai Gading. Laga berakhir 2-2 di waktu normal sebelum Rafa Mir jadi penyelamat lewat hattrick di babak perpanjangan waktu. Spanyol pun menang 5-2 di akhir pertandingan.