Bahaya Microsleep, Bisa Tidur Sesaat Ketika Berkendara

Akhir-akhir ini semakin banyak yang membicarakan mengenai microsleep, berhubungan dengan kabar meninggalnya artis Vanessa Angel yang disebabkan oleh mengantuknya supir ketika berkendara.

Dalam kecelakaan yang terjadi di Tol Jombang, Jawa Timur tersebut polisi menduga sang supir dalam keadaan mengantuk. Informasi ini mereka dapatkan langsung dari supir yang selamat dalam kejadian tersebut.

Salah satu penyebab yang bisa membuat seorang pengendara mengantuk saat sedang berkendara adalah karena ada kondisi yang disebut dengan microsleep.

Menurut data dari National Sleep Foundation Amerika Serikat, mereka menyebutkan ada sekitar 30 persen pengemudi yang mengaku kalau mereka pernah mengantuk dan bahkan tertidur saat sedang mengemudi. Bahkan 40 persen pengemudi mengatakan kalau kejadian seperti ini bisa terjadi berkali-kali di dalam hidupnya.

Keadaan menyetir sambil mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan. Bahkan di Amerika, kasus kecelakaan karena supir yang mengantuk bisa menyebabkan lebih dari 5000 orang meninggal.

Microsleep sendiri merupakan kondisi di mana orang bisa tidur dalam sekejap dalam waktu satu sampai dua menit lamanya. Tetapi ini kadang tidak disadari karena orang yang mengalaminya mengalami kantuk dan lelah yang tidak bisa dihindari.

Ketika seseorang mengalami microsleep, ia biasanya tidak akan sadar kalau sedang masuk ke dalam kondisi tertidur. Apalagi kondisi ini bahkan bisa terjadi ketika kondisi mata terbuka dan tertidur dengan pandangan yang kosong.

Ciri lain dari seseorang mengalami microsleep adalah gerakan kepala, seperti mengangguk dan juga terlalu sering untuk mengedipkan mata.

Mengalami rasa kantuk yang tidak bisa dielak memang bukan merupakan masalah kesehatan yang dianggap serius. Ini bisa diatasi dengan tidur dengan cukup. Namun, Anda perlu khawatir jika memang masalah ini terjadi dalam waktu yang panjang.

Karena kalau Anda membiarkan kondisi ini tanpa ada penanganan, maka Anda bisa memiliki risiko kecelakaan yang besar.

Mengalami microsleep berkepanjangan bahkan bisa membuat kesehatan Anda terganggu. Ada beberapa kondisi yang mungkin bisa Anda alami jika mengalami kondisi seperti ini, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan bahkan sampai ke gangguan mental.

Untuk bisa mencegah mengalami hal ini, cobalah untuk tidur dengan cukup setiap harinya setelah bermain slot online jackpot terbesar. Kebiasaan ini juga bisa membantu Anda untuk bisa tetap lebih produktif tanpa rasa lelah.