Meskipun Murid Menang Telak, Khabib Tetap Bantu Lawan Yang Terkapar

Khabib Nurmagedov merupakan salah satu petarung MMA yang dikenal memiliki sifat kemanusiaaan yang tinggi.

Kemarin ini, ia kembali menunjukan sisi kemanusiaan dalam sebuah pertarungan MMA, ia membantu lawan yang telah dikalahkan muridnya sendiri.

Mantan juara kelas ringan UFC ini menjadi pelatih dari Gadzhi Rabadanov yang tampil di ajang Bellator 263, Minggu (1/8) waktu Indonesia.

Rabadanov yang merupakan debutan di ajang Bellator, hanya butuh satu ronde untuk menundukkan Daniel Carey.

Kendati mendapat serangan berupa sepakan kaki yang mengarah ke paha, Rabadanov mampu melepaskan bogem kuat ke arah pipi Carey.

Seketika petarung 31 tahun asal Amerika Serikat itu terjengkang. Rabadanov langsung menghajar Carey yang tak berdaya sebelum dihentikan wasit.

Melihat Carey masih terkapar di dalam octagon, Khabib pun menghampiri dan membantu proses pertolongan Carey.

Seperti terlihat dalam unggahan MMAJunkie di media sosial, Khabib berada di dalam octagon sampai Carey bisa ditandu.

Setelah membantu menaikkan Carey ke atas tandu, Khabib pun memeluk salah satu cornerman Carey.

Di sisi lain kemenangan Rabadanov atas Carey menambah daftar kesuksesan Khabib sebagai pelatih. Sebelumnya Khabib sudah membawa beberapa petarung, seperti Umar Nurmagomedov, Islam Makhachev, Abubakar Nurmagomedov, dan Usman Nurmagomedov.

Dalam Bellator 263 ini, Usman juga meraih kemenangan TKO dalam pertarungan melawan Manny Muro.

Petarung kelas ringan UFC Islam Makhachev lebih layak disebut Khabib 2.0 ketimbang Khamzat Chiamev setelah UFC 259, Minggu (7/3).

Islam Makhachev tampil di UFC 259 dengan menghadapi Drew Dober. Duel tersebut termasuk ke dalam main card di UFC 259.

Triangle choke merupakan teknik kuncian yang menjadi favorit juara bertahan kelas ringan Khabib Nurmagomedov guna memenangi pertarungan.

Dalam 29 pertarungan di dalam kariernya, Khabib 5 kali menang dengan triangle choke atau mengunci leher dan kepala lawan.

Islam Makhachev dinilai mirip dengan Khabib bukan karena kuncian triangle choke, tetapi juga gaya bertarung.

Di sepanjang duel melawan Drew Dober, Islam banyak melakukan upaya takedown dan bertarung dengan gaya gulat, yang juga kerap dilakukan Khabib semasa aktif bertarung.

Sejumlah faktor yang melekat pada Islam sejauh ini berbeda dengan yang dimiliki Khamzat Chimaev. Khamzat merupakan petarung kelas welter.

Dalam 9 pertarungan di MMA dan UFC, Khamzat hanya tiga kali menang dengan submission: D’Arce choke, brabo choke, dan rear naked choke.

Khamzat diklaim mirip dengan Khabib karena sama-sama lahir di Rusia. Selain itu, Khamzat juga belum terkalahkan dalam 9 pertarungan di MMA dan UFC, sama dengan Khabib yang tidak terkalahkan dalam 29 duel.

Pada awal pekan ini Khamzat diisukan pensiun dari UFC usai mengunggah pesan misterius. Akan tetapi, rumor Khamzat pensiun tersebut dibantah Presiden UFC Dana White.